#Kamu itu berharga, what ever lah apa yang orang lain katakana tentang kamu itu semua NGGAK PENTIING, Tuhan kan ciptain kita untuk melakukan yg terbaik, So knpa kita nggak mulai dari HARII INI???

#Tuhankuu yang kusayang bila rencanamu itu lebih indah dari mimpiku, berikan aku kekuatan yaah untuk jalani rencanamu itu…)

@SUKSES itu TUJUAN bukan pilihan@__Nia Heriani***Naya

Senin, 01 Agustus 2011

CONTOH PIDATO

PIDATO TENTANG DAMPAK PEMANASAN GLOBAL
Assalamualaikum wr wb, dan Selamat pagi / Siang
Yang terhormat guru bidang studi Bahasa Indonesia beserta teman-teman sekalian yang saya banggakan
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini
Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pemanasan Global” atau “Global Warming”.
Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mengetahui dampak pemanasan global bagi bumi kita dan bagi kehidupan kita. Saya juga berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu bagaimana cara mengurangi pemanasan global
Istilah pemanasan global atau Global Warming sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pemanasan global artinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Peningkatan suhu tersebut sudah berlangsud sejak abad ke-20 yang kemungkinan besar salah satu penyebabnya adalah meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia”melalui efek rumah kaca”.
Pemanasan global memiliki dampak yang besar bagi kehidupan manusia seperti dampak yang sudah mulai kita rasakan saat ini yaitu iklim yang sudah mulai tidak stabil, sebagai contoh di Indonesia sendiri keadaan normal musim hujan biasanya terjadi pada bulan september-maret, dan musim panas terjadi pada bulan maret-september tapi sekarang musim hujan terkadang datang lebih awal atau bahkan sebaliknya.
Dampak lain yaitu gangguan ekologis, Hewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan global karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan, sedangkan tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat.
Seperti yang telah saya katakan diawal pidato saya ini pemanasan global yaitu peningkatan suhu, peningkatan suhu ini juga menjadi salah satu dampak pemanasan global. Orang mungkin beranggapan bahwa Bumi yang hangat akan menghasilkan lebih banyak makanan dari sebelumnya, tetapi hal ini sebenarnya tidak sama di beberapa tempat. Sebagai contoh, Bagian Selatan Kanada, mungkin akan mendapat keuntungan dari lebih tingginya curah hujan dan lebih lamanya masa tanam. Di lain pihak, lahan pertanian tropis semi kering di beberapa bagian Afrika mungkin tidak dapat tumbuh. Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang jauh dapat menderita jika kumpulan salju musim dingin, yang berfungsi sebagai reservoir alami, akan mencair sebelum puncak bulan-bulan masa tanam. Tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat dari sebelumnya.
Pemanasan global juga sangat berdampak pada kehidupan sosial dan politik diataranya Perubahan cuaca dan lautan dapat mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan panas dan kematian. Temperatur yang panas juga dapat menyebabkan gagal panen sehingga akan muncul kelaparan dan malnutrisi. Perubahan cuaca yang ekstrem dan peningkatan permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub utara dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bencana alam seperti (banjir,gempa bumi, tanah longsor, kebakaran, badai dll).
Timbulnya bencana alam biasanya juga disertai dengan perpindahan penduduk ke tempat-tempat pengungsian dimana di tempat pengungsian tersebut sering muncul berbagai penyakit, seperti: diare, malnutrisi, trauma psikologis, penyakit kulit, dan lain-lain.
Bila kita sudah mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan pemanasan global bagi bumi kita dan bagi kehidupan kita, apakah kita hanya berdiam diri saja melihat pemanasan global yang akan meningkat dari tahun ke tahun, atau kita melakukan suatu cara untuk mencengah atau setidaknya mengurangi pemanasan global, kita semua tentu tidak ingin bumi yang kita cintai ini semakin panas akibat pemanasan global, maka oleh sebab itu banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencengah atau mengurangi pemanasan global diantaranya dengan memelihara pepohonan dan menanam pohon yang lebih banyak lagi terutama pohon yang muda dan cepat pertumbuhannya, sehingga dapat menyerap karbon dioksida yang sangat banyak.
Jadi mulai sekarang, ayo kita gerakkan menanam pohon yang lebih banyak lagi untuk mengurangi pemanasan global seperti kata pepatah “ lebih baik menanam satu pohon untuk kehidupan daripada menebang 1000 pohon untuk tambang”

Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini, khususnya untuk diri saya sendiri, Terima kasih atas perhatiannya akhir kata
Jalan-jalan ke kota jakarta
Jangan lupa ke taman safari
Bila ada salah-salah kata
Jangan dimasukkan di hati
Sekian dan selamat pagi / siang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar